Sabtu, 14 September 2013

Olimpisme 3

Assalamualaikum.

Bismillah.
Hari ini adalah hari yang nikmat buat saya yang diingatkan oleh Allah untuk bersegera bangun dan mempersiapkan diri untuk pergi ke kampus dan menerima ilmu dari mata kuliah Olympisme. Nah hari ini ada sedikit hal baru dalam mata kuliah ini, yaitu kita semua makan bersama di kelas rasanya itu nikmat. Alhamdulillah Allah masih memberi kita rezeki.
 Setelah kami selesai makan kami pun melanjutkan dengan bernyanyi dulu dan menumbuhkan semangat dari setiap lirik lagu tersebut.

Nah Lanjut ke materi nih sola Olympic/olimpia yaitu nama tempat di Athena saya kenalnya sih Athena itu Dewa juga, nah itu jadi tempat olahraga Yunani kuno.

Ism/isme suatu nilai yang diterapkan dalam lingkungan masyarakat. trus Olympism adalah dasar fundamental dan filosofi kehidupan antar jasmani dan rohani yang melingkupi semua aspek kehidupan.

Visi Olympism itu membentuk manusia secara untuk dan harmonis.

Juga ada paradigma olympism dlm pertandingan olimpiade
  • Prestasi Olahraga bukan yang utama
  • Diskriminasi harus dihindari dalam olimpiade
Nah di sela itu juga Om Jay menayangkan video tentang 2 orang sahabat yang sedang mencuri di sebuat supermarket. Nah ketika mereka kabur mereka melihat sebuah iklan yang ada di sebuah mobil pertamanya saya lupa kata-kata dari iklan itu, tapi yang keduanya "Why not now?" nah langsung tuh mereka langung masuk lagi ke supermarket dan mengembalikan semua barang yang telah mereka ambil, yang disimpan didalam jaket mereka terakhir biar tetep aksis masukin dulu video mereka berdua di cctv. Haha, menurut saya sih ini bakal jarang dan perbandingannya mungkin 1 : 1.000.000 (gaya biar keliatan MIPAnya) soalnya di negara indonesia ini kebohongan jadi budaya dan semua koruptor itu selamet gitu aja dengan senyum mereka dengan santai berjalan di tanah ibu pertiwi ini tanpa rasa dosa kepada kita masyarakat dan bodohnya lagi mereka itu yang korupsi dari negara kita sendiri kebanyakan, Kebenaran selalu aja dihalangin karena hawa nafsu mereka yang berlebih dan g punya rasa empati ke masyarakat. Ini Indonesia sekarang dan kalau kita terus diam dan tutup mulut mungkin masa depan udah g ada lagi buat negara ini, aspirasi kini sudah sulit disalurkan mereka itu yang selalu duduk enak disana, harta berlimpah, rapat tidur doang, udah banyak uang ngalir dari cara yang salah, DPR. Miris sebenernya dulu saya suka ngejawab di kelas saya dan saya bangga negara ini punya lembaga-lembaga besar seperti itu yang mengurusi rakya, tapi sekarang saya cuma liat mereka ngurus diri sendiri. Please see us. Kita ini masih 1 Indonesia, bersumpah kepada negara, berlandaskan Pancasila, UUD, dan hukum.

Ok kita lewat bagian itu terlalu banyak kata-kata yang ingin saya sampaikan tapi intinya adalah saya ingin negara ini benar-benar bisa merasa MERDEKA.

Trus saya terhibur oleh cerita Om Jay soal anak muridnya yang mencontek dan bertanya "Apa kamu g malu nyontek, apa kamu g liat kamu diliatin Presiden dan wakilnya? kamu g liat burung garuda memalingkan wajahnya?" hahaha untuk burung garuda g lurus liat ke saya pasti kalau itu terjadi saya udah ketakutan duluan.

Trus ada beberapa pendapat tentang olimpism dari B. Perre De Coubertin dan Jacques Rogge. Mereka menyampaikan pendapat dan tujuan dari olimpisme itu adalah untuk menyatukan dunia ini dan dunia ini butuh perdamain. Nah ini nih bener banget, Setuju!. "olympic make one world"

Trus ada juga kata-kata "Cutius, Altius, Fortius" (Lebih Cepat, Lebih Tinggi, Lebih Kuat" Mungkin di zaman ini kita harus selalu bergerak cepat agar tidak ketinggalan zaman juga berada diatas untuk memperlihatkan bahwa kita bangsa Indonesia ada dan siap untuk bersaing di mata dunia, kita memiliki semuanya SDM, SDA kita siap dan kita juga kuat. Kita adalah pemenang. Mari bersama-sama kita majukan bangsa Indonesia di segala bidang. Mari kita bangun Indonesia ini menjadi Negara yang benar-benar kuat dan selalu siap untuk setiap tantangan.

Nilai Olimpisme
  1. Kerja keras
  2. Bejuang hingga akhir
  3. Fokus mencapai prestasi
  4. Trus belajar
  5. Menjaga keseimbangan fisik dan rohani
Juga untuk menghargai
  • Perbedaan Pendapat
  • Perbedaan Keyakinan
  • Perbedaan Keragaman Budaya
  • Perbedaan Suku/ras dan Bangsa
  • HAM
  • Pencapaian Prestasi
Trus ada video keren dari India denga durasi 2 menit
Ada kemacetan di jalan yang dikarenakan tumbangnya pohon yang besar, nah disana tuh ga ada yang mau tergerak hatinya untuk memulai atau melakukan sesuatu untuk perubahan cuma mau nunggu. Tapi di saat itu ada seorang anak kecil yang baru pulang sekolah nah dia ngeliat hal itu dan dialah orang pertama yang tergerak untuk melakukan sesuatu yaitu menyingkirkan pohon tersebut, dan otomatis g ada perubahan apapun tapi karena dia memulai dia membuat semua orang yang ada disana tergerak hatinya untuk membantu, alhasil pohon itu berhasil dipindahkan karena kerja sama, dan yang pasti dari anak kecil itu.

Ini adalah video yang sangat bagus yang harus kita contoh dan ambil hikmahnya, jadi manusia adalah ciptaan Allah sebagai makhluk sosial yang hidup saling bergantung dengan yang lainnya. Dan ketika kita mau menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu buat lah contoh dari diri kita sendiri agar mereka mengerti dan mereka tergerak hatinya untuk membantu. Sungguh Allah itu menciptakan semua makhluknya g ada yang jahat, cuma setan dan iblis yang jahat. Jadi jangan takut berbuat baik. Mulai dari diri sendiri maka kita akan membuat dunia ini bergerak dari apa yang kita mulai. Kaya yang Om Jay lakukan menulis, dan kita ikut menulis.

kita juga dengan olimpism ini membangun persahabatan dan persaudaraan, setelah itu Om Jay menyetel musik Iwan Fals Bongkar.

Trus ada 7 konsep pembentukan moral dalam penyelenggaraan Olimpiade
  1. Kesempurnaan Kinerja
  2. Berpartisipasi dengan kegembiraan dan kesenangan
  3. Kejujuran dalam berkomputisi
  4. Rasa hormat terhadap sesama
  5. Pengembangan kualitas manusia
  6. Kepemimpinan yang dilandasi oleh kebersamaan berlatih
  7. kedamaian antara bangsa
Nilai-nilai gerakan olimpade
  • visioner
  • Peaceful
  • No Discrimination
  • Mutual
  • Friendship
  • Solidarity
  • Fair plau
  • DLL
Sekian ini saja, pesan saya cobalah kita untuk memulai, mungkin dengan itu negara kita akan mengerti. Lihat negara kita sekarang selalu menangis karena prilaku jahat kita. Coba kita bergerak mungkin dengan itu mereka tau dan mereka tergerak bahwa kita adalah negara Indonesia yang merdeka, kita harus bangkit kita harus saling membantu. Kami juga akan membantu dari kami, dan semoga ke semuanya. Kami pemuda yang akan mengingatkan semua tentang Indonesia tentang Kemerdekaan tentang kehidupan yang adil dan beradap dengan mengharap ridho Allah.


Alhamdulillah

1 komentar:

Wijaya kusumah mengatakan...

resume kuliah yg keren

salam
Omjay